Bakat Manajemen, Dimana Mencarinya?

Vitalitas dan energi yang diperlihatkan oleh Hong Kong betul-betul nyata, bukan cuma omongan. Produktivitas dan hasil yang telah dicapai penduduknya mengagumkan. Padahal koloni itu sama sekali tidak memiliki sumber-sumber alam, biji besi, batu mulia, hutan, ataupun sumber-sumber minyak.

Wilayah jajahan itu mempunyai pelabuhan spektakuler dan pintu keluar-masuk ke China, dua faktor yang sangat penting secara geografis. Tetapi yang menarik dalam hal ini, semuanya itu berkat sumber-sumber yang paling jarang ditemui di dunia: kepintaran manusia dan bakat manajemen. (Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi bagus tentang management skills dan leadership, silakan KLIK DISINI ).

Tulisan ini akan mengungkapkan bakat manajemen pertama tentunya tentang apa bakat manajemen itu, dan kedua, bagaimana dan di mana mendapatkannya. Manajer-manajer berbakat memang sulit diperoleh. Mereka individu-individu unik yang mampu menggerakkan sesuatu, menjadi katalisator, menciptakan berbagai kesempatan, tahu bagaimana menyelesaikan tugas, dan mengerahkan orang untuk melakukannya.

Gaya mereka berbeda-beda, dari satu individu ke individu, dari satu perusahaan ke perusahaan, bahkan dari satu kebudayaan ke kebudayaan lain. Namun ada persamaan yang mewarnai manajer-manajer berbakat; Manajer terbaik, apakah di dalam bisnis, pemerintahan, atau organisasi sosial, memiliki ciri-ciri yang sama: komitmen terhadap suatu sistem nilai yang merupakan titik tolak ba-gi setiap keputusan.

Sistem nilai itu sendiri tidak selalu berarti kompleks namun harus fundamental sifatnya. Dalam dunia bisnis sistem tersebut dinyatakan dengan jelas dan wajib dilaksanakan siapa saja, mulai dari pimpinan eksekutif sampai pada para petugas di bagian pengiriman.

Di IBM, yang merupakan komitmen adalah pelayanan. Di Michelin, komitmen tersebut adalah menghasilkan produk dengan kualitas terbaik. Di Hotel Mandarin, pelayanan yang bertaraf bintang lima.

Sistem Nilai Dasar
Sebagai orang bisnis dan manajer, kita harus terus memusatkan perhatian pada apa yang menjadi nilai dasar kita dan bagaimana nilai tersebut diterapkan terus-menerus oleh karyawan kita. Ketika kita duduk di kantor, kita harus bertanya kepada diri sendiri bagai¬mana tindakan-tindakan kita, bagaimana keputusan-keputusan kita, bagaimana kantor kita mencerminkan nilai dasar perusahaan kita itu. Ini jangan hanya untuk diketahui sepintas saja, tetapi harus mendalam dan menjadi pusat perhatian aktivitas nyata, hari demi hari, minggu demi minggu.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Yang tidak kalah penting ialah mengenal orang yang memiliki sistem nilai yang sesuai dan bersedia memberikan energi bahkan karir mereka untuk itu. Banyak perusahaan mencoba mengintegrasikan orang-orang luar ke dalam perusahaan mereka. Tentu saja, latar belakang calon, keahlian tekniknya, hubungan pribadinya dengan organisasi itu, penting artinya.

Derigan mengatakan bahwa Hong Kong luasnya 340 mil persegi dengan jumlah penduduk sekitar 6 juta orang dan merupakan pelabuhan ketiga tersibuk di du¬nia, tidak memberi gambaran yang jelas tentang tempat ini, gayanya, dan vitalitasnya.

Dengan mengatakan tinggi seseorang 5 kaki 11 inci, mendapat gelar dari Universitas Princeton, dan wakil presiden XYZ tidak memberikan gambaran tentang vitalitasnya, kemampuannya, atau yang tidak kalah penting: nilai dasarnya. Betapa pun, kalau ingin mencapai sukses, maka sistem nilai dasar yang kuat dan komitmen untuk melaksanakannya di kalangan orang-orang bisnis atau perlembagaan, perlu dijalankan.

Perencanaan Yang Tidak Jelas

Selain bertindak atas dasar sistem nilai dasar, manajer yang berbakat tahu dan tidak akan terjerumus pada perencanaan yang semu. Tokoh-tokoh bisnis tidak membunuh gagasan dan merintangi pemikiran inovatif dengan anggaran yang terlalu besar dan pe¬rencanaan yang berlebihan. Mereka menciptakan suasana yang menggalakkan pembaharuan, dan keberanian mengambil risiko.

Kalau kita membuat rencana terlalu hati-hati dan terlalu tepat, mungkin kita akan sampai ke tempat yang kita tuju. Cuma ada masalah: perubahan terjadi begitu cepat di dunia ini. Dengan terlalu hati-hati dan terlalu tepat, kita akan kehilangan kesempatan untuk melangkah ke jurusan lain yang lebih menguntungkan, atau-mungkin juga sebaliknya bangkrut!

Tapi bukan berarti bahwa berbagai peru¬sahaan yang sukses yang mengeluarkan mo-dal multi-jutaan dollar tidak membuat pro¬ses perencanaan yang luas dan cermat. Yang dimaksudkan ialah, berbagai perusahaan yang sangat sukses menghindari mentalitas profit centre secara berlebihan. Tantangan bagi tokoh-tokoh bisnis adalah menetapkan garis besar tujuan dan bukan membuat peta jalan ke tujuan tertentu. Pusat perhatian seharusnya tidak pada hasil kuartal demi kuartal, tetapi pada kecenderungan tahun demi tahun.

Menemukan Bakat Manajemen
Lalu, di mana kita dapat menemukan manajer berbakat?

Terus terang saja, tempat terbaik mencarinya adalah di dalam organisasi kita sendiri. Merekrut eksekutif lain halnya dengan program pengembangan manajemen intern. Berbagai perusahaan Amerika seperti IBM, Procter and Gamble, dan General Electric terkenal sekali karena kelompok manajer yang mereka kembangkan. Dan pengembangan bakat manajemen tidak terbatas pada perusahaan-perusahaan raksasa. Lagi pula, memang sukar untuk menemukan orang hebat. Di pasaran tidak cukup banyak orang-orang hebat seperti itu.

Tetapi, raksasa-raksasa seperti IBM dan General Electric pun tidak selamanya mempunyai orang yang tepat untuk tugas yang tepat di waktu yang diperlukan. Pasaran yang sangat cepat berubah, perkembangan teknologi, dan perluasan geografis dapat membuat orang merasa perlu mencari dan menarik manajer berbakat ke dalam sebuah organisasi.

Dan bakat itu dapat ditemukan dengan ketekunan yang sama seperti kalau kita mencari emas.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi bagus tentang management skills dan leadership, silakan KLIK DISINI ).

Sumber : Majalah Eksekutif Edisi Suplemen Tengah Tahun, 1985.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!