Tiga Tipe Strategi Bisnis

Terdapat tiga tipe strategi yang sering diambil oleh perusahaan. Tipe yang pertama adalah tipe yang pertama adalah pilihan strategi yang berorientasi pada product leadership (keunggulan produk). Perusahaan pada kategori ini selalu berupaya menciptakan produk-produk dengan kualitas premium, dan selalu one step ahead dibanding produk kompetitor.

Mereka tak segan-segan mengeluarkan dana besar untuk bagian R & D-nya demi terciptanya produk yang ciamik. Intel yang terkenal dengan seri Pentium-nya mungkin contoh yang paling sempurna untuk kategori ini. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang strategi bisnis dan marketing management, silakan KLIK DISINI ).

Tipe strategi yang kedua adalah pilihan yang berorientasi pada operational excellence (keunggulan operasional). Bagi perusahaan dalam kategori ini, yang paling utama adalah membangun proses bisnis yang super efisien. Harapannya, dengan efisiensi proses ini, mereka mampu menekan ongkos produksi, dan ujung-ujungnya bakal mampu menjual produknya dengan harga yang lebih kompetitif.

Dell, perusahaan komputer asal Texas itu, merupakan sampel yang layak disebut dalam kategori ini. Dengan model dan proses bisnis yang amat efisien, mereka mampu menciptakan produk-produk desktop dengan harga yang lebih komptetitif dibanding para pesaingnya, semacam IBM dan Compaq.

Tipe yang terakhir adalah pilihan strategi yang mengacu pada customer intimacy (keintiman dengan pelanggan). Bagi perusahaan dalam kategori ini, yang paling utama adalah membangun hubungan yang intim dengan para pelanggannya; dengan harapan akan tercipta relasi yang langgeng.

Banyak perusahaan di bidang perhotelan dan juga penerbangan yang melakoni strategi ini demi membangun loyalitas para pelangggannya. Harley Davidson juga amat terkenal memiliki hubungan yang luar biasa intim dengan para pemakainya; sehingga mereka bisa membangun fanatisme yang amat intens dengan jutaan penggemarnya di seluruh jagat.

Melalui pilihan beragam strategi itulah, sebuah perusahaan mendeskripsikan sejumlah sasaran spesifik yang akan diraih, setelah melakukan sejumlah analisa – baik analisa terhadap lingkungan eksternal ataupun analisa untuk mengukur kapabilitas internal. Melalui acuan strategi yang telah dirajut, sebuah perusahaan akan tahu kemana laju perahu bisnisnya akan diarahkan di masa mendatang.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang strategi bisnis dan marketing management, silakan KLIK DISINI ).

7 Ilmu Powerful yang akan Mengubah Nasib dan Masa Depan Anda. JANGAN DI-KLIK, jika Anda sudah Merasa Sukses.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!