Jenis - Jenis Training Balanced Scorecard : Kunci Sukses Mengelola Kinerja Perusahaan

Strategi Pengembangan Pasar

Terdapat empat pilihan strategi yang dapat kita lakukan untuk memperbesar penjualan dan pangsa pasar. Berikut uraian keempat pilihan strategi tersebut.

Market Penetration.
Dalam pola ini, kita memasarkan produk yang sudah ada kepada existing customers. Para pelanggan diharapkan makin lebih banyak membeli produk kita. Hal ini dilakukan melalui promosi produk secara gencar ataupun resposisi bran. Disini produk tidak diubah sama sekali dan juga tidak mencari pelanggan baru.

Market Development
Dalam pola ini, kita memasarkan produk yang sudah ada kepada pasar baru. Pasar dikembangkan supaya muncul para pelanggan baru. Misal pengembangan pasar ekspor atau mencari area penjualan baru. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang menarik tentang business strategy dan marketing management, silakan klik DISINI ).

Product Development
Dalam pola ini, kita membuat dan memasarkan produk baru kepada para pelanggan yang sudah ada. Disini kita melakukan inovasi produk atau pengenalan produk baru kepada para pelanggan yang sudah kita miliki. Pola ini sering terjadi pada produk mobil misalnya. Para produsen mobil secara berkala mengeluarkan tipe baru, dan kemudian memasarkannya kepada para pelanggan loyal mereka.

Diversification
Dalam pola ini, kita memasarkan produk baru dan juga ditujukan kepada para pelanggan baru. Diversifikasi ada dua jenis, yakni yang berhubungan dengan produk saat ini, dan yang tidak berhubungan (unrelated diversification). Produsen yang membikin snack kemudian berdiversivikasi pada produk minuman ringan adalah jenis diversifikasi yang masih berhubungan. Sementara jika produsen rokok kemudian merambah industri properti, ini merupakan bentuk diversifikasi yang tidak berhubungan.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang menarik tentang business strategy dan marketing management, silakan klik DISINI ).

Leave a Reply