Menyusun Marketing Plan

Tulisan berikut menjelaskan sejumlah elemen inti yang diperlukan dalam menyusun marketing plan yang efektif. Elemen yang pertama adalah uraian mengenai product performance. Sebuah perencanaan marketing mestinya di serta dengan analisa yang merangkum performa produk selama beberapa tahun terakhir, dan juga dijelaskan adanya perbedaan antara target dengan realisasi. Riset-riset yang dilakukan untuk mengetahui performa kualitas produk dapat juga dimasukkan dalam analisa tersebut. Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi dalam topik Marketing Plan, silakan klik DISINI.

Tujuan Jangka Panjang(Long-Term Objective). Sebuah pernyataan yang menunjukkan arah jangka panjang dari jalur produk anda dan diselaraskan dengan rencana jangka panjang perusahaan.

Positioning statement. Aspek ini menjelaskan fitur penjualan yang unik dari produk anda (misalkan bagaimana penerimaan konsumen terhadap suatu produk dalam kompetisi ). Positioning statement harus dapat menjadi “perekat” untuk mengkoordinasikan subsekuen variabel marketing mix.

Target market. Aspek ini memberikan deskripsi mengenai target market primer dan sekunder yang hendak dituju oleh produk.

Strategi Produk. Dalam bagian ini djelaskan mengenai fitur dan keunggulan produk dibandikan pesaing. Dapat juga berisikan deskripsi mengenai cara penggunaan produk, reposisi, ekstensi / modifikasi.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Strategi Penentuan Harga. Pernyataan umum tentang strategi penentuan harga yang digunakan untuk produk-produk, Termasuk di dalamnya perubahan harga, diskon, jaminan serta perjanjian penjualan, dan juga tabel yang menunjukkan dampak yang diinginkan dalam penjualan dan kinerja penjualan.

Strategi Advertising. Bagian ini akan terdiri atas tiga komponen:
• Diferensiasi produk yang akan dimasukkan dalam pesan advertising
• Perencanaan media sesuai dengan kalendar yang ingin dilakukan
• Informasi biaya / pengeluaran

Strategi Promosi. Dalam aspek ini dijelaskan serangkaian program promosi yang akan dijalankan, seperti event promotion, pameran, program undian berhadiah, ataupun berbagai program promosi lainnya.

Strategi distribusi. Rekomendasi-rekomendasi tentang perubahan dalam kanal distribusi, termasuk didalamnya penambahan atau pengurangan jalur distribusi.

Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi dalam topik Marketing Plan, silakan klik DISINI.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!