Melakukan Performance Appraisal secara Efektif

Perusahaan kami secara periodik (biasanya setiap tahun sekali) melakukan kegiatan performance appraisal (PA). Namun, saya melihat kadang-kadang kegiatan PA ini hanya terkesan sebagai formalitas dan kurang disertai dengan proses performance coaching yang baik. Bagiamana sebenarnya cara memberikan umpan-balik kinerja yang efektif? (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi mengenai HR Management and Strategy, silakan klik DISINI).

Jawaban
Terima kasih atas pertanyaannya. Untuk dapat melakukan kegiatan pemberian umpan-balik atau performance coaching secara efektif setidaknya kita perlu mempertimbangkan faktor-faktor berikut.

Pertama, adanya dokumentasi mengenai standar kinerja yang diharapkan. Standard kinerja ini hendaknya bersifat terukur. Dengan adanya standard kinerja ini, maka kita dapat melakukan proses penilaian secara lebih objektif dan lebih mudah memberikan umpan-balik mengenai kinerja bawahan kita.

Yang kedua, ketika memberikan umpan-balik sebaiknya kita menyampaikannya secara spesifik dan mengacu pada fakta yang ada, dan bukan umpan-balik yang bersifat terlalu umum serta bersifat menghakimi. Mengatakan anak buah kita lamban dan kinerjanya berantakan adalah umpan balik yang menghakimi dan mudah menimbulkan sikap defensif pada yang diberi umpan-balik.

Pernyataan itu sebaiknya diubah menjadi lebih spesifik dan berdasar fakta, misalnya, “Sudah tiga kali Anda terlambat menyelesaikan laporan bulanan, dan ketika saya cek terdapat dua kesalahan perhitungan yang berakibat fatal.” Umpan-balik yang spesifik dan berdasar fakta lebih efektif untuk mengubah perilaku karena bersifat objektif.

Faktor berikutnya yang juga perlu diperhatikan dalam pemberian umpan-balik adalah merumuskan rencana tindakan yang spesifik untuk memperbaiki perilaku yang ingin ditingkatkan. Rencana tindakan perbaikan ini idealnya menunjukkan sasaran dan jadwal pelaksanaan yang jelas sehingga mudah untuk dimonitor.

Satu lagi yang tidak kalah penting, proses penyusunan rencana tindakan ini mesti melibatkan pihak yang diberi umpan-balik sehingga yang bersangkutan akan lebih comitted terhadap rencana yang sudah disusun bersama.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi mengenai HR Management and Strategy, silakan klik DISINI).

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!