Key Performance Indicator dalam Manajemen Pemasaran

Key performance indicators adalah indikator kinerja yang terukur untuk menilai keberhasilan strategi dan program pemasaran yang dijalankan. Key performance indicators sering juga disingkat sebagai KPI. Dalam tulisan ini akan diuraikan sejumlah KPI dalam area pemasaran.

Tabel contoh KPI bidang pemasaran yang lebih lengkap, bisa DI-DOWNLOAD DISINI.

Sales revenue : ukuran yang sangat lazim digunakan sebagai acuan utama dalam mengukur efektivitas program pemasaran. Ukuran ini juga merupakan hal yang paling penting bagi kinerja bisnis. Ukuran ini sering ditulis dalam bentuk rupiah (misal : sales = Rp 200 milyar per tahun) ataupun dalam bentuk persentase pertumbuhan sales (misal : sales revenue tumbuh 10 % dibanding tahun lalu). Ukuran ini kadang disebut juga sebagai omzet atau perputaran uang (pendapatan) yang diterima oleh perusahaan.

Sales volume : jika ukuran sales revenue berupa pendapatan dalam rupiah, maka sales volume mengacu pada ukuran penjualan dalam bentuk unit yang terjual (atau barang/item produk yang terjual).

Market share : ukuran yang mengacu pada pangsa pasar produk kita dibanding produk pesaing (produk yang sejenis). Angka pangsa pasar berujud persentase; dan biasanya diperoleh dari asosiasi industri atau perusahaan riset pasar yang khusus menjual data-data tentang pangsa pasar beragam produk dalam beragam industri. Market share lebih mengukur kinerja kira dibanding kinerja pesaing.

Customer satiscafion index : ukuran ini mengukur indeks kepuasan pelanggan terhadap produk yang kita tawarkan. Indeks bisa berupa skor dalam skala 1 – 5 atau 1 – 10. Angka indeks ini bisa didapat melalui riset sendiri; atau melalui lembaga independen yang sering melakukan penelitian semacam ini, misal melalui ajang ICSA (Indonesian Custumer Satisfaction Award) yang setiap tahun diberikan oleh majalah SWA dan lembagan riset pasar Frontier.

Brand Awaraness Index : ukuran ini meneliti sejuah mana konsumen tahu dan suka dengan brand yang kita miliki. Ukuran bisa berupa skor dalam skala 1 – 5. Angka indeks ini bisa didapat melalui riset sendiri; atau melalui lembaga independen yang sering melakukan penelitian semacam ini, misal melalui ajang IBBA (Indonesian Best Brand Award) yang setiap tahun diberikan oleh majalah SWA dan lembagan riset pasar Mars.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Customer acquisition and retention : ukuran ini meneliti jumlah pelanggan – baik pelanggan lama yang terus bertahan atau pelanggan baru yang diperoleh. Sebagai misal, jumlah pelanggan Telkomsel yang kini mencapai angka 40 jutaa-an. Atau jumlah nasabah bank BNI yang terus tumbuh. Ukuran ini bisa diperinci kedalam beragam kategori pelanggan. Misal Telkomsel membagi pelanggannya menjadi pelanggan premium (misal pelanggan yang menghabiskan pulsa sebanyal Rp 500 rb ke atas per bulan) dengan pelanggan minimal (yang sebulan hanya menghabiskan pulsa sebesar Rp 100 ribu kebawah). Makin tinggi pendapatan per pelanggan, tentu akan makin bagus.

Tabel contoh KPI bidang pemasaran yang lebih lengkap, bisa DI-DOWNLOAD DISINI.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!