Strategi Pengembangan Pasar Meraih Keunggulan Melalui Six Sigma

Balanced Scorecard : Kunci Sukses Mengelola Kinerja Perusahaan

Balanced scorecard (bsc) merupakan model pengelolaan kinerja perusahaan pada empat aspek utama, yakni aspek keuangan, aspek pelanggan, aspek proses bisnis internal (operasional) dan aspek learning and growth. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang balanced scorecard, silakan KLIK DISINI ).

Aspek keuangan merujuk pada pencapaian finansial yang dituju oleh perusahaan. Aspek ini merupakan aspek yang fundamental sebab tanpa meraih laba secara berkesinambungan, sebuah perusahaan bisa jatuh bangkrut. Aspek pelanggan merujuk pada sejauh mana, produk perusahaan bisa meraih kepercayaan dari para pelanggan; dan ujung-ujungnya bisa terus meningkatkan jumlah pelanggan baru.

Aspek proses bisnis internal merujuk pada proses operasional yang dijalankan perusahaan untuk menghasilkan produk atau layanan yang berkualitas tinggi. Selain itu dalam proses ini juga dipetakan mata rantai dari keseluruhan proses internal perusahaan yang semuanya harus dikelola secara sempurna.

Aspek learning and growth berkaitan dengan proses pengembangan SDM dan kultur organisasi dalam suatu perushaan. Ketiga aspek diatas hanya akan dapat dicapai dengan baik jika perusahaan memiliki kualitas SDM yang kompeten dan didukung oleh iklim organisasi yang kondusif.

Proses penyusunan balanced scorecard biasanya dimulai dengan mengidentifikasi sasaran-sasaran strategis (strategic objectives) yang dianggap penting dalam keempat aspek diatas, atau dalam aspek keuangan, pelanggan, proses bisnis internal dan aspek learning and growth. Sasaran strategis ini disusun dengan mengacu pada kebutuhan dan tantangan perusahaan di masa mendatang.

Contoh sasaran strategis yang lazim dipakai dan bersifat generik dalam aspek keuangan antara lain adalah : meningkatkan profit; meningkatkan pendapatan; atau mengelola biaya operasi secara efisien.

Contoh sasaran strategis dalam aspek pelanggan antara lain adalah : meningkatkan pangsa pasar, mengelola loyalitas pelanggan, atau mengembangkan brand image.
Contoh sasaran strategis dalam aspek proses bisnis antara lain adalah : mengelola mutu proses produksi secara ekselen; mengembangkan kapasitas inovasi; atau meningkatkan kapasitas produksi.

Contoh sasaran strategis dalam aspek learning and growth misalnya adalah : mengembangkan kompetensi pegawai; menumbuhkan budaya kerja yang produktif; atau membangun kapasitas leadership yang optimal.

Jumlah sasaran strategis dalam setiap aspek biasanya berkisar antara 3 hingga 5 sasaran. Sehingga secara keseluruhan, jumlah sasaran strategis biasanya berjumlah 12 hingga 20 sasaran strategis untuk semua aspek.

Setelah tersusun sasaran strategis dalam masing-masing aspek, maka langkah berikutnya adalah menentuka key performance indicators untuk setiap sasaran strategis tersebut. Key performance indicators (atau sering disingkat menjadi KPI) merupakan indikator yang terukur dan digunakan untuk mengetahui sejauh mana kita telah berhasil mewujudkan sasaran strategis. Jadi KPI ini ibarat jangkar atau semacam jembatan yang akan memberitahu kita apakah sasaran-sasaran strategis telah terwujud atau belum.

Contoh KPI yang lazim dipakai dalam aspek keuangan antara lain adalah : jumlah laba (dalam rupiah); persentase pertumbuhan pendapatan; atau rasio biaya operasi.

Contoh KPI yang lazim digunakan aspek pelanggan antara lain adalah : market share (%); atau indeks kepuasan pelanggan; jumlah pendapatan per pelanggan (average revenue per customer); atau brand image index.

Contoh KPI dalam aspek proses bisnis antara lain adalah : defect rate; jumlah inovasi produk baru per tahun; downtime hours/month; atau production capacity per month.

Contoh KPI untuk aspek learning and growth antara lain adalah : rata-rata skor kompetensi pegawai; jumlah jam pelatiha karyawan per tahun; atau tingkat produktivitas pegawai.

Setelah KPI tersusun untuk semua aspek, langkah selanjutnya adalah menetapkan angka-anagka target untuk semua KPI. Dan kemudian secara periodik, misal tiap tiga bulan, angka pencapaian target KPI itu direview dan dievaluasi.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang balanced scorecard, silakan KLIK DISINI ).

Leave a Reply

Dapatkan secara gratis ebook - PANDUAN menjadi ENTREPRENEUR SUKSES DISINI.