3 Kiat Kunci untuk Meningkatkan Efektivitas Kerja Anda

Terdapat tiga jenis pertanyaan penting yang layak Anda ajukan untuk menguji apakah selama ini Anda sudah bisa mengelola pekerjaan Anda dengan efektif atau belum. Berikut tiga tipe pertanyaan tersebut. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skills dan leadership, silakan KLIK DISINI ).

The Test of Necessity atau “Apakah hal itu perlu untuk dilakukan?” . Sebagai misal ketika kita bekerja, kita sering ngobrol hal diluar pekerjaan, atau juga main internet atau game komputer, atau sekedar baca koran. Pertanyaannya adalah : apakah semua hal ini perlu bagi keberhasilan pekerjaan saya, atau justru membuang waktu produktif saya? Jika jawabannya adalah bahwa semua aktivitas ini kurang bermanfaat, maka mestinya kita hilangkan atau kurangi.

The Test of Appropriateness atau “Apakah saya yang harus melakukan hal itu?”. Hal ini artinya adalah menanyakan apakah tugas-tugas yang dibebankan kepada kita memang benar-benar kita yang harus menjalankan atau sebaiknya orang lain saja yang lebih pas. Misal, pekerjaan memfotocopy : apakah memang kita sendiri yang harus melakukan. Atau pekerjaan lain yang mungkin orang lain – dari segi keahlian – lebih pas mengerjakan hal ini daripada kita.

Tes ini pada dasarnya menanyakan apakah kita memang yang benar-benar layak melakukan tugas itu ataukah mestinya orang lain saja; dan kita bisa menggunakan waktu kita untuk pekerjaan lain yang mungkin lebih pas dengan posisi dan tanggungjawab kita.

The Test of Efficiency atau “Bagaimana saya dapat mengerjakan hal itu lebih baik?” Hal ini bermakna bahwa kita mesti mencari tahu apakah ada cara lain yang lebih efisien untuk menyelesaikan pekerjaan kita? Supaya waktu kita untuk mengerjakannya bisa lebih cepat namun tetap akurat.

Selanjutnya, agar Anda bisa bekerja dengan lebih efektif, maka berikut tiga tips praktis yang layak dipertimbangkan.

• Leave me alone, artinya mencari wakti dimana kita bisa membangun konsentrasi tinggi terhadap tugas kita, dengan gangguan seminimal mungkin sehingga kita tidak terlalu sering diinterupsi yang pada akhirnya menghambat proses penyelesaian tugas kita.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

• Meng-cluster aktivitas anda; artinya kita mesti mengkelompokkan berbagai tugas kita dalam sejumlah kategori. Ragam pekerjaan yang memiliki kemiripan kita kelompokkan menjadi satu sehingga proses penyelesaiannya menjadi lebih lancar.

• Kenali siklus energi anda; berarti bahwa kita mesti mengenali fase waktu dimana kita cenderung memiliki energi yang besar dan mampu berkonsentrasi. Dengan mengenali siklus waktu ini kita mungkin bisa mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang cenderung berat pada saat siklus waktu kita berada pada fase puncak.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi yang bagus tentang management skills dan leadership, silakan KLIK DISINI ).

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!