Tahapan dalam Melakukan Analisa Jabatan

Download Contoh bagus tentang Tabel Salary Grade dan Job Evaluation DISINI.

Dalam bentuk organisasi perusahaan apapun tentunya akan membutuhkan orang-orang dalam melaksanakan setiap fungsi kegiatannya yang ada di dalam suatu perusahaan. Bila kita menelusuri lebih lanjut, maka di dalam organisasi perusahaan yang besar, kebutuhan akan orang-orang tersebut sangat vital, karena menyangkut masalah maju-mundurnya perkembangan usahanya.

Maka dari itu di dalam hal ini kita perlu menentukan macam dan tingkat kualitas pegawai yang diinginkan untuk masing-masing jabatan dan perinci-an mengenai jumlah pegawai yang seefektif mungkin agar efisiensi usaha akan tercapai dengan hasil yang memuaskan. Salah satu alat yang cukup relevant, yaitu dengan menggunakan “Analisa Jabatan“, di mana berdasarkan hasil dari analisa ini, akan diperoleh data yang menunjukkan macam, jumlah dan kualitas pegawai yang diperlukan.

Download Contoh bagus tentang Tabel Salary Grade dan Job Evaluation DISINI.

Dan dari hasil analisa jabatan tersebut akan digunakan sebagai standar bagi semua program kepegawaian yang meliputi: Penerimaan pegawai, seleksi, latihan dan pendidikan, pemindahan dan kenaikan pangkat, penyusunan peraturan gaji, penyusunan struktur organisasi dan memperbaiki kondisi-kondisi kerja.

Dengan demikian semua pimpinan akan mempunyai kepentingan yang langsung dalam pro¬gram kepegawaian, khususnya direktur Personalia, karena sukses-nya para pegawai tergantung pada suksesnya program tersebut, yakni dalam hal menetapkan syarat-syarat minimum yang harus dipenuhi oleh calon pegawai yang sesuai dengan tingkat jabatan di dalam suatu perusahaan.

Pengertian analisa jabatan dapat dirumuskan sebagai suatu proses penentuan melalui peninjauan dan penyelidikan serta pemberian laporan tentang informasi yang berhubungan dengan hakekat dari pada jabatan tertentu. Analisa jabatan juga menyelidiki tugas-tugas, proses-proses, tanggung jawab, kondisi-kondisi kerja dan syarat-syarat perorangan yang berhubungan dengan jabatannya.
Oleh sebab itu pada dasar-nya di dalam menganalisa jabatan harus diperhatikan hal-hal mengenai:
• Penetapan dan penelitian jabatan yang diselenggarakan dengan cermat.
• Tugas-tugas jabatan harus dijabarkan secara jelas dan lengkap.
• Penetapan persyaratan jabatan yang diperlukan.

Jadi dengan perkataan lain, secara sederhana analisa jabatan dapat diartikan sebagai suatu kegiatan mempelajari, mengumpulkan, dan mencatat keterangan-keterangan/fakta-fakta yang berhubungan dengan masing-ma-sing jabatan secara sistematis dan teratur.

Metode analisa Jabatan
Pada umumnya metode yang digunakan dalam menganalisa jabatan meliputi beberapa metode sebagai berikut:
• Daftar-daftar pertanyaan mengenai jabatan (Job Questionnaire)
Metode ini dipergunakan untuk menggambarkan jabatan-jabatan dari pegawai-pegawai administrasi (tata-usaha/pegawai kantor) dan pelaksana yang menduduki tingkat menengah dan atas.

Daftar pertanyaan minimum harus memuat pertanyaan-perta-nyaan mengenai:
o Identifikasi jabatan.
o Kewajiban-kewajiban.
o Tanggungjawab-tanggungjawab.
o Kondisi-kondisi pekerjaan.
o Syarat-syarat pendidikan dan pengalaman.

• Wawancara (Interview)
Metode ini diperuntukkan bagi pekerja-pekerja kasar/pegawai-pegawai yang tidak dapat menjawab daftar-daftar pertanyaan, dan dilakukan dengan melakukan tanyajawab langsung terhadap responden pegawai yang akan dianalisa.

• Buku-buku catatan harian (Logs)
Dalam menggunakan metode ini pegawai harus mencatat apa yang dikerjakannya tiap hari, berapa waktu yang dipergunakan, kapan dimulai dan bilamana berakhir tiap-tiap tugas itu diselesaikan, yang kesemuanya itu dituangkan dalam media buku catatan harian masing-masing pegawai.

• Pengamatan/peninjauan (Observation)
Biasanya dilakukan oleh penganalisa yang telah mendapat latihan khusus dan dilakukan secara bersama-sama dengan metode wawancara. Jadi seorang penganalisa jabatan di sini terjun langsung mengadakan observasi terhadap tiap jabatan dan melakukan wawancara, yang mana akan mendukung hasil dari penganalisaan jabatan yang lebih terarah.

Dengan melihat beberapa macam metode analisa jabatan di atas kita dapat menggunakan salah satu dari metode tersebut di atas, sesuai dengan tingkat jabatan yang akan dianalisa. Tetapi pada kenyataannya, dalam praktek sering dipergunakan metode Daftar Pertanyaan yang mungkin dilengkapi dengan Metode Wawancara.

Download Contoh bagus tentang Tabel Salary Grade dan Job Evaluation DISINI.

Hal ini disebabka