Rahasia Kesuksesan Tim Sales

Seorang sales yang baik tentunya harus berperangai sopan, ramah, dan menarik, dengan tanpa dihias kata-kata yang terlalu muluk, cukup dengan bahasa yang tidak membosankan. Sehingga dengan demikian orang-orang akan merasa senang dan tertarik. Maka dari itu waspadalah di dalam melontarkan kata demi kata jangan sampai Anda terpeleset. Sebab akibatnya akan fatal. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi bagus tentang marketing dan business strategy, silakan klik DISINI).

Ingat! Anda adalah duta-duta perusahaan yang maju mundur; berhasil atau tidaknya suatu produk terletak di tangan Anda selaku salesman atau salesgirl. Anda adalah seorang pahlawan bagi perusahaan Anda. Karena itu Anda dituntut untuk bekerja yang baik dan disiplin sesuai dengan instruksi dari manajer. Salesman/salesgirl tidak saja dinilai dari bahasa dan sopan santun berbicara tetapi juga dalam cara berpakaian.

Sebab pakaian pun memegang peranan pen ting di dalam ikut menunjang keberhasilan Anda saat menghadapi konsumen. Pakaian harus pantas dan sedap dipandang, Sebab itu jangan sekali-kali memakai pakaian yang warnanya terlalu menyolok, sehingga apabila kena sinar matahari warna itu akan menyilaukan.

Buatlah suatu variasi sedikit di dalam krag baju Anda atau saku, sebab dengan demikian identitas Anda akan cepat diketahui orang. Untuk sepatu salesgirl ada lebih baik pakai dasi kecil yang diselaraskan dengan warna rok, dengan sepatu yang agak kontras sedikit tidak usah sepatu berhak tinggi. Muka harus terpelihara baik, tapi tidak usah memakai make-up yang terlalu tebal, cukup tipis saja, mengingat iklim kita tropis membuat keringat meleleh ke muka.

Begitu pula tangan dan kuku Anda harus terawat baik. Tingkah laku Anda di depan masyarakat harus merupakan suatu perpaduan antara kehormatan, keramahtamahan, kebahagiaan, kegembiraan, ketabahan hati dan kekerasan kemauan. Kesemua ini harus betul-betul Anda kuasai. Dengan bermodalkan semua ini berarti Anda telah jadi sesuatu yang tahan banting dan Anda pasti akan berhasil.

Faktor lain yang harus diperhatikan adalah parfum. Jangan sekali-kali memakai parfum yang terlalu menusuk sebab parfum itu akan bercampur dengan keringat Anda yang akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Perlihatkanlah beberapa contoh barang-barang yang bagus dengan tidak usah mengaduk-aduk semua barang yang Anda bawa.

Harga semua barang sudah harus anda hafal dengan tidak usah melihat daftar harga lagi. Hal ini untuk mempermudah Anda berkomunikasi dengan konsumen serta menghemat waktu Anda jangan sampai terlalu banyak terbuang. Usahakanlah pembicaraan itu agar si konsumen mengerti akan maksud anda, dan jangan sekali-kali membingungkan calon pembeli.

Berilah kesempatan berbicara bagi calon pembeli untuk mengeluarkan isi hatinya menanggapi barang-barang itu. Anda harus sabar mendengarkannya karena mendengar adalah juga bagian dari seni menjual. Sehingga hasil dari mendengarkan itu harus dipakai sebagai alat percakapan penjualan yang lebih mantap ke arah berhasilnya penjualan itu.

Anda jangan sekali-kali mempunyai istilah “Menjerat”, “Memerangkap”, atau “Memaksa” terhadap konsumen. Tapi Anda, harus menganggap pembeli sebagai partner yang setia setiap saat. Kesemua ini digunakan di dalam cara berbahasa, sebab setiap pembeli