Rahasia Kesuksesan Tim Sales

Seorang sales yang baik tentunya harus berperangai sopan, ramah, dan menarik, dengan tanpa dihias kata-kata yang terlalu muluk, cukup dengan bahasa yang tidak membosankan. Sehingga dengan demikian orang-orang akan merasa senang dan tertarik. Maka dari itu waspadalah di dalam melontarkan kata demi kata jangan sampai Anda terpeleset. Sebab akibatnya akan fatal. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi bagus tentang marketing dan business strategy, silakan klik DISINI).

Ingat! Anda adalah duta-duta perusahaan yang maju mundur; berhasil atau tidaknya suatu produk terletak di tangan Anda selaku salesman atau salesgirl. Anda adalah seorang pahlawan bagi perusahaan Anda. Karena itu Anda dituntut untuk bekerja yang baik dan disiplin sesuai dengan instruksi dari manajer. Salesman/salesgirl tidak saja dinilai dari bahasa dan sopan santun berbicara tetapi juga dalam cara berpakaian.

Sebab pakaian pun memegang peranan pen ting di dalam ikut menunjang keberhasilan Anda saat menghadapi konsumen. Pakaian harus pantas dan sedap dipandang, Sebab itu jangan sekali-kali memakai pakaian yang warnanya terlalu menyolok, sehingga apabila kena sinar matahari warna itu akan menyilaukan.

Buatlah suatu variasi sedikit di dalam krag baju Anda atau saku, sebab dengan demikian identitas Anda akan cepat diketahui orang. Untuk sepatu salesgirl ada lebih baik pakai dasi kecil yang diselaraskan dengan warna rok, dengan sepatu yang agak kontras sedikit tidak usah sepatu berhak tinggi. Muka harus terpelihara baik, tapi tidak usah memakai make-up yang terlalu tebal, cukup tipis saja, mengingat iklim kita tropis membuat keringat meleleh ke muka.

Begitu pula tangan dan kuku Anda harus terawat baik. Tingkah laku Anda di depan masyarakat harus merupakan suatu perpaduan antara kehormatan, keramahtamahan, kebahagiaan, kegembiraan, ketabahan hati dan kekerasan kemauan. Kesemua ini harus betul-betul Anda kuasai. Dengan bermodalkan semua ini berarti Anda telah jadi sesuatu yang tahan banting dan Anda pasti akan berhasil.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.

Faktor lain yang harus diperhatikan adalah parfum. Jangan sekali-kali memakai parfum yang terlalu menusuk sebab parfum itu akan bercampur dengan keringat Anda yang akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Perlihatkanlah beberapa contoh barang-barang yang bagus dengan tidak usah mengaduk-aduk semua barang yang Anda bawa.

Harga semua barang sudah harus anda hafal dengan tidak usah melihat daftar harga lagi. Hal ini untuk mempermudah Anda berkomunikasi dengan konsumen serta menghemat waktu Anda jangan sampai terlalu banyak terbuang. Usahakanlah pembicaraan itu agar si konsumen mengerti akan maksud anda, dan jangan sekali-kali membingungkan calon pembeli.

Berilah kesempatan berbicara bagi calon pembeli untuk mengeluarkan isi hatinya menanggapi barang-barang itu. Anda harus sabar mendengarkannya karena mendengar adalah juga bagian dari seni menjual. Sehingga hasil dari mendengarkan itu harus dipakai sebagai alat percakapan penjualan yang lebih mantap ke arah berhasilnya penjualan itu.

Anda jangan sekali-kali mempunyai istilah “Menjerat”, “Memerangkap”, atau “Memaksa” terhadap konsumen. Tapi Anda, harus menganggap pembeli sebagai partner yang setia setiap saat. Kesemua ini digunakan di dalam cara berbahasa, sebab setiap pembeli harus betul-betul yakin bahwa barang ini mempunyai kualitet baik. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi bagus tentang marketing dan business strategy, silakan klik DISINI).

Mengapa Anda Gagal Menghadapi Pembeli?
Setelah mengadakan suatu percobaan-percobaan serta perbandingan yang secermat-cermatnya di dalam mencari kelemahan dan keberhasilan selama salesman dan salesgirl mendatangi tiap rumah, maka dapat disimpulkan sebagai berikut. Kita umpamakan dulu pada sebuah kesebelasan yang para pemainnya di dalam salah satu pertandingan tidak seorang-pun yang berhasil mencetak goal, sang pelatih tentu akan bertanya pada dirinya “Lho kok mengapa begini?”, atau juga “Mengapa asuhanku bisa jadi kalah?”

Dengan cara bertanya kepada diri sendiri, kemajuan itu akan dapat kita raih. Sebab orang yang sering bertanya pada diri sendiri akan cepat memecahkan segala persoalan yang bagaimanapun peliknya. Seorang sales¬man/salesgirl yang baik tentunya tidak akan menunggu manajernya bertanya “Mengapa kamu gagal, kalau si itu berhasil?”,’ ia akan cepat bertanya pada dirinya sendiri, apa yang menyebabkan kegagalan itu. Pertanyakanlah kepada diri Anda sendiri mengapa mereka tidak jadi membeli atau memesan?

Saudara tentu akan berpendapat bahwa pada dasarnya setiap salesman dan salesgirl bisa menerangkan dengan tepat, mengapa pembelian itu tidak bisa seketika jadi. Kita harus tahu bahwa masyarakat terdiri dari beraneka ragam corak kehidupannya. Apalagi masyarakat yang hidup di kota-kota besar, dari hari ke hari akan disibukkan dengan kegiatannya masing-masing sehingga tidak ada waktu untuk memikirkan barang-barang mana yang kiranya menarik diantara banyaknya barang-barang yang dibawa, pasti ia akan berkata “Harganya terlalu tinggi”, atau “Barang-barang yang dibawa terlalu bagus bagi saya”, dan macam-macam penolakan halus yang ia lontarkan.

Marilah kita kumpulkan semua data-data yang menyebabkan salesman/salesgirl itu gagal dalam usaha melangsungkan penjualan. Dari daftar yang ada di bawah ini tersimpul, bahwa kegagalan itu diakibatkan oleh kesalahan salesman dan salesgirl itu sendiri. Jika kesalahan itu telah Saudara ketahui, perbaikilah. Se¬bab kegagalan berarti keuntungan bagi saudara hilang.

Inilah Daftar Itu:
“Mengapa Mereka Tidak Jadi Membeli?”
• Karena saudara tidak bertindak secara diplomatis terhadap pembeli.
• Karena terlalu ramah terhadap pembeli sehingga ia merasa tersinggung.
• Karena mencela perusahaan lain.
• Karena hilangnya kepercayaan terhadap barang-barang yang dibawa, dan memuji barang saingan.
• Karena tidak tepatnya janji saudara.
• Karena tidak mendengarkan secara baik saran-saran pembeli waktu memesan paling akhir.
• Karena telah menawarkan harga yang murah, bukannya mutu yang baik padahal tahu bahwa harga itu bukan hal yang penting.
• Karena telah mengemukakan soal politik dan agama kepada pembeli.
• Karena pembicaraan saudara melantur.
• Karena waktu disuruh datang besoknya membawa barang lain/warna lain, saudara tidak datang lagi.
• Karena menggunakan bahasa yang tidak baik.
• Karena penampilan saudara di depan pembeli kurang sopan.
• Karena kurang bisa berkomunikasi dengan pembeli.

Jawaban ini ada baiknya dipertimbangkan secara cermat. Kesemuanya ini adalah pendapat yang jujur dari orang-orang pernah gagal dalam usahanya itu. Mungkin saja kerugian mereka dapat menjadikan untung buat Saudara. Cegahlah segala kejadian ter-sebut di atas. Jangan sampai terulang kembali. Dalam perlombaan untuk menegakkan perusahaan pada masa kini tiap salesman dan salesgirl harus insafi akan segala macam rintangan. Penyelidikan terhadap metode-metode adalah langkah awal untuk mengatasi segala sesuatu yang menjadi rintangan. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi bagus tentang marketing dan business strategy, silakan klik DISINI).

Bagaimana Saya Menghasilkan 40 Juta Per Bulan dari Internet. My Real Story. Pelajari ilmunya DISINI.

Sumber:
Joe Harman. Majalah Manajer. Edisi September 1986.

9 Ilmu Online Paling Ampuh yang akan Membuatmu Makin Pintar dan Tajir. Pelajari ilmunya disini.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!