Pengertian dan Tahapan dalam Assessment Center

Direktur sebuah perusahaan consumer goods yang cukup besar, Hernowo, mengeluh berat.

Tulisan berikut menjelaskan mengenai pengertian assessment center.

Prestasi perusahaan secara keseluruhan dapat dikatakan menurun. Pertumbuhan penjualan yang diharapkan dapat meningkat sebesar 15% tahun ini bukan saja tidak tercapai, tetapi, malah minus dibanding angka penjualan tahun sebelumnya. Padahal setahun lalu ia punya harapan besar.

Apalagi dengan diangkatnya Eddy sebagai Marketing Manager yang baru menggantikan Bowo yang mengundurkan diri. Dari hasil interview, pemeriksaan psrkologis, dan diperkuat dengan prestasi Eddy sebagai Sales Manager yang cukup menonjol, Hernowo berkeyakinan bahwa Eddy adalah calon yang tepat untuk menggantikan Bowo.

Download Instrumen Assessment Center dan Panduan Penerapan Asesemen secara Lengkap DISINI….

Tetapi segera setelah Eddy menduduki posisinya yang baru, Hernowo mulai ragu-ragu. Pola pikir dan tindakan Eddy dinilainya kurang pas sebagai seorang Marketing Manager. Padahal sudah berkali-kali diingatkan, tetapi Eddy tetap melakukan pola yang sama. Sebagai atasan yang baik, ia memberi kesempatan kepada Eddy untuk menunjukkan kemampuannya.

Sekarang Hernowo merasa bahwa ia telah salah mengambil keputusan untuk menempatkan Eddy sebagai Marketing Manager. Mengapa bisa demikian? Padahal dari hasil interview dan tes psikologi sebuah lembaga yang cukup terkenal merekomendast penempatan Eddy sebagai Marketing Manager.

Kasus di atas hanyalah sebuah contoh keputusan penempatan yang ‘salah’ akibat metoda seleksi yang kurang akurat. Secara tradisional metoda seleksi biasanya hanya melibatkan proses pemeriksaan psikologis terhadap calon, baik calon dari luar maupun dari dalam perusaha