Kiat Jitu Meningkatkan Penjualan

Bagi seorang pengusaha yang telah berpengalaman, usaha meningkatkan penjualan akan dilakukan setelah mengadakan analisa pasar. Sebenarnyalah bahwa analisa pasar ini, merupakan suatu tindakan pendahuluan yang dilakukan suatu badan usaha untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Yaitu suatu tindakan penyelidikan guna mencari kemungkinan penjualan hasil dari suatu badan usaha yang mencakup perkiraan tentang kemungkinan meningkatkan penjualan. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi bagus tentang marketing dan business strategy, silakan klik DISINI).

Biasanya analisa pasar ini melalui dua jalur yang harus ditempuh. Pertama jalur yang bersifat kualitatif dan kedua jalur yang bersifat kuantitatif. Analisa kualitatif meliputi kualitas barang, selera konsumen, syarat-syarat pembayaran dan syarat-syarat penyerahannya. Sedangkan analisa kuantitatif mengutaman diadakannya penyelidikan tentang luasnya pasar, kemungkinan membuat perkiraan mengenai baranyaknya barang dan jasa yang diminta konsumen.

Sumber-sumber informasi
Dari manakah kita dapat memperoleh informasi atau keterangan yang kita perlukan untuk pemasaran barang/jasa yang kita hasilkan? Demikian juga untuk peningkatannya? Yang terbaik tentunya kalau kita mempunyai petugas khusus untuk melakukan tugas mengumpulkan informasi dari berbagai daerah pemasaran.

Dalam hal ini hendaknya kita ingat melakukan penghematan biayanya. Tindakan ini biasanya dilakukan pula oleh seorang pengusaha yang akan meningkatkan penjualan produk yang dihasilkan perusahaannya.

Beberapa sumber informasi yang diperlukan untuk pemasaran barang/jasa diantaranya :
• Dapat diperoleh dari para pelanggan yang perlu diminta keterangannya.
• Dapat diperoleh dari data statistik yang dibuat oleh badan usaha itu sendiri.
• Dari data statistik yang disusun berbagai kantor/dinas/jawatan atau badan swasta yang berhubungan langsung dengan usaha badan usaha yang bersangkutan.

Usaha Meningkatkan Penjualan
Usaha ini tercakup dalam Sales Promotion yang ditujukan kepada usaha perluasan (bertambahnya) penjualan barang/jasa, dengan cara sedemikian rupa agar barang tersebut dapat menarik perhatian khalayak ramai, sehingga dapat menimbulkan keinginan di kalangan konsumen untuk membelinya dan akhirnya menjadi pelanggan.

Usaha-usahanya meliputi antara lain:
• Penelitian di bidang produksi jenis barang/jasa yang serupa dan mengenai persaingan-persaingan yang khusus dihadapinya.
• Penelitian pada kebiasaan-kebiasaan yang hidup di berbagai golongan konsumen mengenai barang keperluan.
• Menemukan bentuk dan susunan pasar yang paling cocok bagi penjualan barang/jasa yang dimaksud.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Jadi berbagai masalah yang harus dipecahkan dalam usaha meningkatkan penjualan barang/jasa antara lain:
• Menarik pelanggan baru
• Memperluas daerah penjualan
• Memperkenalkan macam/bentuk barang yang dihasilkan
• Mengatasi merosotnya harga pada waktu-waktu tertentu.
• Meningkatkan kualitas barang yang akan dipasarkan.
• Membuat terkenal merk barang yang akan dipasarkan.

Adapun fungsi sales promotion dalam susunan suatu badan usaha pada dasarnya diarahkan sedemikian rupa, hingga dapat menjadi penghubung antara bagian penjualan (personal selling) dengan bagian reklame (advertising). Kedua bagian inilah yang merupakan alat yang dipergunakan olehnya guna mendorong meningkatkan penjualan atau memperluas pemasaran barang/ jasa yang dihasilkan.

Kebijaksanaan dalam sales promotion ini mungkin saja menyangkut tugas-tugas di dalam organisasi intern badan usaha itu sendiri. Di antaranya menyangkut internal promotion dan eksternal promotion. Adapun yang menyangkut internal promotion biasanya diarahkan untuk mendidik dan mempersatukan para karyawan dalam menghadapi ma¬salah penjualan. Sedangkan yang menyangkut eksternal promotion adalah terletak pada pemilihan dan penentuan lapangan-lapangan yang harus dikerjakan dengan cara-cara yang teratur dan terarah oleh alat-alat penjualan tersebut.

Cara-cara yang terbuka dalam rangka melaksanakan kebijaksanaan meningkatkan penjualan barang/jasa, antara lain dengan:
• Melalui surat kabar/majalah
• Mengadakan demonstrasi
• Pemberian hadiah/premi
• Melalui brosur dan surat-surat selebaran
• Memberikan kesempatan meminjam perusahaan.

Sales promotion harus dapat menyampaikan suatu “advertising message”, yaitu suatu kesan yang logis atau masuk akal yang dapat meresap dalam hati sanubari para konsumen. Akibatnya mereka tidak akan menghendaki barang/jasa selain dari jenis yang dipromosikan itu.

Selain kepada siapa sales promotion itu diarahkan, selanjutnya penting pula untuk diingat dan diperhitungkan yakni antara lain :
• Timing atau waktunya yang tepat, sehingga sales promotion dapat selalu “up to date.”
• Lembaga-lembaga pemasaran yang menjadi mata rantai dalam pasaran yang harus menampung penjualan barang. Ini harus selalu dihubungi untuk menjamin penyebaran barang.
• Saluran atau media apa yang hendak dipakai untuk pelaksanaan usaha peningkatan penjualan melalui sales promotion.
• Imbangan antara biaya yang disediakan untuk usaha pe¬ningkatan penjualan dengan keuntungan yang diharapkan dari bertambahnya penjualan barang.
• Hubungan yang serasi antara usaha meningkatkan penjualan barang dengan kebijaksanaan penentuan harga barang yang dihasilkannya (pricing policy)
(Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi bagus tentang marketing dan business strategy, silakan klik DISINI).

Sumber :
Ijod Sirodjudin. Majalah Manajer. Edisi April 1986.

banner 4

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!