7 Jurus Pengembangan Diri untuk Meraih Sukses

Jurus 1 : PELIHARA KEMAMPUAN ANDA
Bekerjalah lebih baik dari siapapun. Pelihara terus kemampuan anda karena kemampuan/ keterampilan adalah tonggak keberhasilan. Sadarilah, bahwa praktek bidahg pelayanan jasa adalah timbul dari kombinasi antara kebutuhan masyarakat dan kepercayaan terhadap etik ketrampilan anda (Public Relation, Receptionist, Suster perawat, Dokter dan para medis lainnya). (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi bagus tentang management skills dan leadership, silakan klik DISINI).

Pengetahuan sosial sangatlah luas (human relation & karakteristik psikologi), tak pernah mudah dan selalu kurang. Kembangkanlah kebiasaan menggunakan per-pustakaan dan carilah cara agar tidak ketinggalan jaman atau pun mundur selangkah. Perpustakaan, kursus penyegar, pertemuan ilmiah, kontak dengan pusat ilmu pada dasarnya memperluas cakrawala aktualisasi kita. Baca, pikir dan lakukan. Pelihara reputasi anda dengan ketrampilan dan kejujuran.

Jurus 2 : PAHAMI DENGAN BAIK ORGANISASI PEKERJAAN ANDA
Sesungguhnya mungkin mencari informasi dan keterangan sebanyak-banyaknya setelah memasuki suatu organisasi kerja. Tujuannya, strukturnya, sistem nilai dan penghargaan, kedudukan anda terhadap organisasi secara keseluruhan. Ketahuilah lebih dahulu apakah sistem nilai anda sesuai dengan yang dipunyai organisasi tersebut. Kenalilah sumber kekuasaan dan kekuatan, resmi maupun tidak, dan pahami mengapa dan bagaimana. Gunakan jalur komunikasi dengan selalu mengingat bahwa komunikasi senantiasa mengandung tujuan atau motif tertentu dan merupakan interaksi beberapa orang.

Jurus 3 : KUASAI SENI MELIHAT KEMUNGKINAN
Pahami prinsip perubahan dan pembaharuan organisasi, juga sadari bahwa akan selalu ada hambatan terhadap setiap usul perubahan, yang besarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor: sampai di mana perubahan tersebut dianggap sebagai ancaman, tekanan yang menyertai, sikap orang yang berpengaruh, keuntungan yang mungkin timbul dan kesempatan untuk mencoba.

Gunakan pengetahuan anda dan kemampuan tentang organisasi dan sifat-sifat manusia; Pengaruhi orang lain dengan perlahan-lahan tetapi konsisten; Kenali orang-orang yang berpengaruh pendukung, penentang, aktifis. Miliki kepekaan terhadap akibat-akibat diambilnya suatu keputusan. Ambil keputusan yang paling baik atas dasar pikiran-pikiran dan nasihat pusat informasi yang paling baik saat, itu, dan siaplah menerima reaksi orang lain. Ketahuilah hal mana yang harus anda putuskan, mana yang bukan. Anggaplah suatu kemungkinan sebagai tantangan, bukan sebagai yang tidak mungkin. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi bagus tentang management skills dan leadership, silakan klik DISINI).

Jurus 4 : KENALILAH DAN GUNAKAN KESEMPATAN UNTUK MAJU
Berencanalah dan carilah kesempatan untuk anda maju dan perluaslah kegiatan anda. Pikiran apa saja yang masih dibutuhkan serta bidang apa saja yang dikembangkan. Perluas dukungan teman/rekan kerja (sistem komparatif) sebab tak ada salahnya bila dinasehati rekan seprofesi. Buatlah ramalan (forecasting) dan kembangkanlah beberapa rencana, proyek dan kegiatan, perkiraan akibat dan resikonya. Salah satu sifat kepemimpinan ialah: kegiatan kepemimpinan yang baik baru akan terasa bila ada kasus atau persoalan yang perlu diatasi dengan kepala dingin, bijak dan jitu.

Jurus 5 : JARANG ADA PERSOALAN YANG ISTIMEWA OLEH SEBAB ITU PASTI ADA PEMECAHAN DAN PENYELESAIANNYA. ANGGAPLAH SUATU TANTANGAN
Kuasai secara psikologis tamu (pihak yang dilayani), lebih-lebih saat terjadi pengaduan. Penyelesaian penuh sabar dan rendah hati namun tegas adalah yang sangat efektif. Hindari pertengkaran dari berbagai kesulitan yang dihadapi. Pertimbangkan kemungkinan pemecahannya, sadarilah dalam hal ini makna partisipasi rekan sejawat atau rekan kerja yang seprofesi. Pastikanlah bahwa kesulitan tersebut memang anda yang mesti memikirkannya (aktif & agresif) sekaligus dapat menyelesaikannya dengan baik.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Jurus 6 :PERGUNAKAN & KENALILAH MANFAAT PENYEGARAN ROHANI
Pekerjaan anda mungkin kombinasi dari hal-hal yang bersifat klinis, adviser, pelayan yang setia, guru sekalian administrator. Anda harus bersedih sendirian bila mendapat jaga malam dan haruslah menjaga kondisi dan penampilan serba energik, tetaplah tersenyum lembut di depan tamu anda dan jagalah keramahan penuh hormat dan bersedia menerima kritikan dari masyarakat maupun tamu yang tak pernah kenal jam berapa ia mengemukan keinginan dan keluhan-keluhannya. Semuanya ini, paling tidak, menghabiskan dan terkurasnya banyak energi, yang terus diperbaharui. Penyelesaiannya bersifat individual, tetapi umumnya merupakan aktivitas yang sama sekali tidak lepas dari pekerjaan sehari-hari.

Dalam hal ini alangkah baik-nya mendengar nasihat seorang pengusaha: ‘Rencanakan saat istirahat setiap hari, bacalah buku yang membutuhkan konsentrasi, nikmatilah hidangan makanan yang ada, ciptakanlah tempat istirahat yang nyaman sejuk segar, dirumah, hindarilah orang-orang yang iritatif dan sangat ambisius, rencanakan hari libur yang tepat untuk memperkaya jiwa anda, hiduplah menurut penanggalan bukan jam, dan pikirkan masalah satu demi satu.

Jurus 7 : KENALI DAN KETAHUILAH DIRI MAUPUN TEMPREMEN JIWA ANDA DENGAN BAIK
‘Let not your tongue cut your throat’ (jangan membiarkan lidah anda memotong leher sendiri). Memang sungguh hal yang sukar bagaimana kita mengenali diri kita sendiri, sedangkan begitu mudahnya untuk mengenal dan memahami orang lain. Namun demikian, tak bisa disangkal bahwa hal ini sungguh vital dan penting dalam kehidupan. Untuk mengetahui segala sesuatu yang telah dibeberkan di atas sesuai dengan etika, seseorang mutlak mengenal sudut-sudut jiwanya, dimana letak bakat dan kemampuan, pula kelemahan dan kelebihan apa saja yang dipunyai anda; kapan anda menjadi top figur dan bilakah anda sangat lemah. Dalam lingkungan perusahaan jasa sangatlah banyak kesempatan untuk berbuat baik, begitupun kesempatan untuk berbuat buruk tidak kalah banyak peluangnya. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint presentasi bagus tentang management skills dan leadership, silakan klik DISINI).

Sumber :
Frans Lawalu. Majalah Manajer. Edisi Maret 1986.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!