10 Faktor Kunci untuk Mendorong Produktivitas Karyawan

Banyak para pemimpin suatu instansi atau manajer suatu perusahaan beranggapan dengan diberikan imbalan yang. besar, maka kepuasan pekerja akan tercapai. Jika itu merupakan anggapan para pemimpin tentang si pekerja, maka itu merupakan suatu kesalahan besar. Menurut hasil pengamatan, faktor-faktor keinginan para pekerja bukan hanya imbalan yang besar saja, tetapi ada faktor-faktor lain yang lebih penting dari itu. (Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint yang menarik tentang HR management dan management skills, silakan KLIK DISINI. ).

Berikut 10 faktor sangat diingini oleh para pekerja tetap untuk meningkatkan produktivitas kerja mereka.

• Penghayatan atas maksud dan makna pekerjaan.
Yang dimaksud penghayatan atas maksud dan makna pekerjaan adalah bila seorang pekerja tetap telah tahu kegunaan dari pekerjaannya bagi umum, dan juga sudah tahu betapa sangat pentingnya pekerjaan dia, sehingga dalam mengerjakan pekerjaannya itu sipekerja tadi akan lebih meningkatkan produktivitas kerjanya.

Cara untuk menanamkan rasa penghayatan atas maksud dan makna pekerjaan adalah dengan memberitahukan si pekerja akan kegunaan dari hasil produk yang dia kerjakan, baik dengan cara langsung menunjukkan kegunaannya ataupun dengan cara mengambil sample. Jadi prinsip utama dari keinginan para pekerja tetap adalah tentang penghayatan atas pekerjaannya itu sendiri. Hal ini tentulah dengan bantuan para manajer/pimpinan untuk menerapkannya pada pekerja tadi.

• Merasa terlibat dalam kegiatan-kegiatan organisasi.
Dengan adanya rasa keterlibatan dalam organisasi di mana para pekerja tetap itu bekerja, si pekerja tadi merasakan bahwa dirinya benar-benar dibutuhkan dalam perusahaan, merasakan memiliki perusahaan. Dengan timbulnya kecintaan dalam dirinya terhadap perusahaan maka si pekerja tetap tadi akan lebih meningkatkan produktivitas kerjanya, karena jika dia bermalas-malasan maka produktivitas kerja dia akan turun dan mengakibatkan kerugian pada perusahaan; dengan ruginya perusahaan se-akan-akan rugi pula dirinya. Jadi para manajer hendaknya mena¬namkan rasa sifat yang demikian terhadap bawahannya agar perusahaan dapat lebih baik.

• Pengertian dan simpati atas persoalan-persoalan pribadi.
Seseorang pemimpin yang bijaksana akan memperhatikan bawahannya sampai pada urusan pribadinya. Dengan demikian para pekerja tadi merasakan bahwa dirinya diberi perhatian besar oleh pimpinannya. Hal ini mendorong motivasinya untuk bekerja lebih giat lagi, karena pendekatannya secara kekeluargaan atau dari hati-kehati.

• Keamanan dan perlindungan dalam pekerjaan.
Biasanya dalam melakukan pekerjaan kita merasakan suatu kekhawatiran bila kita gagal dalam melaksanakannya; karenanya kita selalu hati-hati. Tetapi bila melakukan pekerjaan itu terlampau hati-hati maka akibatnyapun akan sama bila kita berhati-hati. Yang dimaksud keamanan dan perlindungan dalam pekerja itu, bekerja pada pekerjaan yang memerlukan perlindungan tubuh, ataupun juga memberikan training sebelumnya untuk pekerja¬an akan dilakukannya. Dengan terpenuhinya jaminan atas peker¬jaan, maka dalam bekerja tidak lagi merasa was-was atau ragu-ragu lagi.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

• Upah yang baik
Pada dasarnya seorang yang bekerja mengharapkan imbalan yang sesuai dengan jenis pekerjaannya. Karena adanya upah yang sesuai dengan pekerjaannya maka akan timbul pula rasa gairah kerja yang semakin baik.

Karena dengan terpenuhinya upah yang baik atau dengan ka¬ta lain upah yang tak ditangguh-tangguhkan oleh para manajer/ pimpinan, maka rasa kecukupan untuk memenuhi kebutuhan hidup — baik bagi dirinya maupun bagi keluarganya — akan semakin terasa, bahwa perusahaan di mana dia bekerja benar-benar membutuhkannya; dan dia membutuhkan pekerjaan itu sehingga ada rasa timbal-balik yang selaras.

• Pekerjaan yang menarik
Biasanya apabila seseorang mengerjakan suatu pekerjaan dengan senang atau menarik bagi dirinya maka hasil pekerjaannya akan lebih memuaskan daripada dia mengerjakan pekerjaan yang tidak dia senangi. Demikian pula apabila kita akan memberikan migas pada seseorang maka alangkah baiknya bila kita mengetahui apakah orang tersebut senang atau tidak dengan pekerjaan yang akan kita berikan. Hal ini agar kita mendapatkan suatu hasil yang lebih memuaskan. Jadi rasa senang dengan sesuatu pekerjaan juga merupakan hal yang sangat penting dalam meningkatkan mutu dari hasil produksi.

• Promosi dan perkembangan diri mereka sejalan dengan perkembangan perusahaan.
Seseorang pekerja akan merasa bangga bila perusahaan di mana dia bekerja mengalami kemajuan yang pesat, apalagi sampai terkenal di mata masyarakat. Hal ini pulalah yang mengangkat derajat kebanggaan pada diri si pekerja akan pekerjaannya.

Timbulnya rasa bangga itu merupakan juga keuntungan bagi perusahaan, karena secara langsung atau tidak, si pekerja tadi membawa promosi perusahaan dan menjaga citra perusahaan agar tetap baik di mata masya-rakat. Untuk hal itulah maka para pemimpin/manajer harus tahu menghargai perasaan si pe¬kerja agar tetap menjaga citra baik di dalam perusahaan atau di luar pekerjaannya.

• Kesetiaan pimpinan pada diri si pekerja.
Kesetiaan pimpinan pada diri si pekerja merupakan juga dasar rasa kepercayaan pekerja terhadap perusahaan di mana dia bekerja. Kesetiaan pimpinan ini merupakan juga suatu wibawa dari perusahaan, karena bila si pimpinan hanya mengobral janji-janji akan melakukan sesuatu, tapi kenyataannya tidak maka hal ini akan menimbulkan suatu rasa yang tak baik dalam diri si pekerja.

Akibatnya si pekerja akan merasakan sikap seorang atasannya itu bukan seorang pimpinan yang baik dan jika ini dibiarkan terus maka kehancuran perusahaan akan terancam. Oleh karenanya, jika menjanjikan sesuatu pada para pekerja harus sesuai dan harus ditepati, agar citra sebagai pimpinan/manajer tetap dipandang baik oleh bawahannya/pekerja.

• Lingkungan atau suasana kerja yang baik.
Lingkungan kerja yang baik akan membawa pengaruh yang baik pula pada segala pihak, baik pada para pekerja, pimpinan ataupun pada hasil pekerjaannya. Misalkan para pekerja diharuskan bekerja pada suatu ketenangan untuk mendapatkan hasil yang baik, akan tetapi lingkungan kerjanya tidak sesuai karena kebisingan/pengap udaranya. Maka mungkin hasil yang baik itu tercapai. Jadi jelaslah penyesuaian atas suasana lingkungan kerja sangat berpengaruh besar. Oleh karenanya para pimpinan/manajer harus tahu dengan pasti bagaimana menyesuaikan tempat kerja untuk para pekerja.

• Disiplin kerja yang keras.
Kita sebagai manusia biasanya mempunyai rasa sifat ego yang tinggi, antara lain tak ingin dikekang oleh suatu peraturan atau suatu tata tertib yang ketat. Demikian pula dengan para pekerja, biasanya mereka akan merasa enggan akan disiplin kerja yang keras dari perusahaan dimana dia bekerja. Karena hal ini akan membuat si pekerja merasa terkekang.

Biasanya para pekerja tak mau diatur dengan ketat keinginannya masuk kerja sesukanya, kerja sembarangan atau pulang pada jam-jam yang belum waktunya. Tapi bila dibiarkan, maka disiplin dari perusahaan akan hancur dan inipun merupakan ancaman yang tak boleh dianggap ringan dalam perusahaan tersebut.

Oleh karenanya para pimpin-an/manajer untuk menerapkan disiplin agar para pekerja dapat dengan senang hati menuruti di¬siplin yang kita buat harus diadakan musyawarah bersama dengan utusan para pekerja. Jadi sistem demokrasi kita terpaksa terapkan dalam pengambilan ke-putusan bersama, agar antara kedua belah pihak pimpinan dan pekerja dapat saling memberi dan mengisi. Jadi jelaslah dari uraian 10 keinginan para pekerja tetap, itu bukan hanya upah yang merupakan nomor satu.

(Jika Anda ingin mendapatkan slide powerpoint yang menarik tentang HR management dan management skills, silakan KLIK DISINI. ).

Sumber :
Majalah Manajer. Edisi April 1986.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!