Download Bahan-bahan Presentasi Bisnis yang Bagus (1) Pengertian dan Tahapan dalam Assessment Center

Materi Presentasi yang Bagus Tentang Manajemen

Dalam bahasan ini, kita akan membicarakan teknik menyampaikan materi presentasi dari aspek penggunaan gaya bahasa dan gerak tubuh. (Jika Anda ingin mendapatkan contoh materi presentasi yang bagus, silakan klik DISINI). )

Aspek bahasa berkaitan dengan isi materi bahasa yang kita sampaikan dan juga berkaitan dengan gaya bahasa yang kita gunakan. Ketika anda berbicara, sampaikan dengan percaya diri dan perlihatkan ketertarikan pada apa yang anda sampaikan. Berbicaralah dengan perasaan. Jika Anda menyampaikan isi materi Anda dengan rasa kurang percaya diri, maka nada bicara Anda kemudian akan terlihat seperti mendatar dan tidak akan dapat meninggalkan jejak yang membekas dalam benak para pendengar.

Selanjutnya, sebaiknya kita menggunakan kalimat yang singkat, ringkas dan tidak bertele-tele serta mudah dicerna oleh audiens kita. Berikan banyak ilustrasi dan kisah atau contoh nyata untuk lebih memperjelas konsep-konsep yang tengah Anda sampaikan. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kisah atau cerita (narasi) yang penuh detil dan gambaran yang dekat dengan keseharian kita akan memberikan impak yang lebih mendalam dibanding sekedar pemaparan konsep-konsep yang abstrak. Karena itu, galilah sumber cerita dari buku dongeng, kisah-kisah dramatis di buku biografi, atau juga berita sehari-hari yang menarik perhatian.

Untuk aspek gerak tubuh (body language) berikut adalah sejumlah tips yang layak diperhatikan. Jika mungkin, “work the room and work the audience”. Artinya Anda melakukan pergerakan secara proporsional dalam ruangan dan dalam setiap sudut para peserta dimana mereka duduk. Dengan demikian akan bisa dibangun “koneksi” dan keterlibatan antara Anda sebagai presenter dengan para pendengar. (Jika Anda ingin mendapatkan contoh materi presentasi yang bagus, silakan klik DISINI).

Bergeraklah secukupnya dan dengan tujuan – jangan mudah bergerak karena Anda gugup; atau sekedar untuk menghilangkan rasa gugup. Gerak-gerik Anda harus natural dan mendukung kata-kata Anda serta isi dari presentasi anda. Jangan bergerak secara konstan sebab itu justru akan membuat konsentras pendengar terganggu. Berhentilah sejenak sebagai variasi. Tetap berdiri secara mantap untuk memperlihatkan point-point yang penting.

Ketika berdiri memberikan presentasi, maka berdirilah dengan tegak, tapi tidak kaku. Anda harus tampak seperti menyebarkan energi dan berdiri dengan mantap dan dengan penuh rasa percaya diri. Gunakan tangan, lengan dan sikap anda. Artinya Anda tidak hanya berdiri kaku layaknya pejabat, namun secara natural mengoptimalkan segenap tubuh Anda – lengan, tangan dan kaki – untuk menguasai audiens. Lalu, biarkan tubuh Anda bereaksi terhadap apa yang anda rasakan.

Dan jangan lupa, buatlah kontak mata yang baik – aturannya adalah kontak mata selama empat sampai lima detik per orang. Anda harus berlatih agar mampu membuat kontak mata secara proporsional kepada segenap audiens, dan tidak hanya terpaku pada satu titik pandangan.

(Jika Anda ingin mendapatkan contoh materi presentasi yang bagus, silakan klik DISINI).

Leave a Reply

RP Bawah