Memahami Produktivitas Karyawan

J. Ravianto, dalam bukunya “Produktivitas dan Manajemen“, mengemukakan pengertian produktivitas sebagai berikut :”Produktivitas mengandung arti pengertian perbandingan antara hasil yang ingin dicapai dengan keseluruhan sumber daya yang digunakan”.

Sedangkan Wayne F. Cascio dalam bukunya Managing Human Resource mengatakan bahwa :”Productivity is a measure of the output of goods and services relative to the input tabor, material and equipment.” Bambang Kusriyanto, dalam bukunya “Meningkatkan Produktivitas Karyawan”; menjelaskan bahwa :‚ÄĚProduktivitas karyawan adalah perbandingan antara hasil yang dicapai dengan peran serta tenaga kerja per satuan waktu”. (Slide powerpoint presentasi yang bagus mengenai productivity dan manajemen SDM dapat dilihat DISINI).

Kemudian Bambang Kusriyanto mengemukakan bahwa peningkatan produktivitas karyawan dapat dilihat dalam empat bentuk:

a. Pengurangan sumber dana untuk memperoleh jumlah produksi yang sama.
b. Pengurangan sumber daya sekedarnya untuk memperoleh jumlah produksi yang lebih besar.
c. Penggunaan jumlah sumber daya yang sama untuk memperoleh jumlah produksi yang lebih besar.
d. Penggunaan jumlah sumber daya yang lebih besar untuk memperoleh jumlah produksi yang jauh lebih besar lagi.

Dari definisi tersebut dapat, disimpulkan bahwa produktivitas karyawan merupakan perbandingan hasil yang dicapai dengan waktu yang dibutuhkan sehingga berapa banyak hasil yang diperoleh perjam-orang.

Faustino Cardoso Gomes (1997:160) dalam bukunya mengemukakan bahwa produktivitas sangat dipengaruhi oleh faktor :
a. Knowledge
b. Skill
c. Abilities
d. Attitudes
e. Behaviour

Knowledge (Ilmu Pengetahuan)
Adalah suatu tafsiran psikologis terhadap ilmu pengetahuan dimulai dengan kesadaran tinggi, bahwa ilmu pengetahuan merupakan ciptaan manusia dan bukan sesuatu yang otonom, tidak manusiawi atau yang sifatnya tersendiri dengan nilai-nilai intrinsiknya sendiri, agar dapat untuk diciptakan, diperbaharui dan dipelihara oleh umat manusia.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Skill (Ketrampilan)
Adalah suatu kecakapan yang berhubungan dengan tugas yang dimiliki dan dipergunakan oleh seseorang pada waktu yang tepat. Ketrampilan fisik, misalnya kekuatan dinamis, tingkat kelenturan, koordinasi tubuh nyata, keseimbangan tubuh dan daya tahan stamina.

Abilities (Kemampuan)
Adalah sifat yang dibawa lahir atau dipelajari yang mernungkinkan seseorang menyelesaikan pekerjaannya yang bersifat mental atau fisik.

Attitudes (Sikap)
Adalah pernyataan evaluatif baik yang menguntungkan mengenai obyek orang atau peristiwa, jadi sikap mencerminkan bagaimana seseorang mengenai sesuatu atau memfokuskan perhatian pada sejumlah yang sangat terbatas (sikap yang berkaitan dengan pekerjaan).

Behaviour (Perilaku)
Adalah suatu komponen perilaku dari suatu sikap atau maksud cara berperilaku terhadap seseorang.

(Slide powerpoint presentasi yang bagus mengenai produktivitas karyawan dan manajemen SDM dapat dilihat DISINI).

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!