Pilihan Program Pengembangan dan Manajemen Karir

Leigh Branham, dalam bukunya yang sangat komprehensif, Keeping the People Who Keep You in Business: 24 Ways to Hang on to Your Most Valuable Talent menjelaskan mengenai beragam best practices dalam mengelola perencanaan dan pengembangan karir karyawan. (Jika Anda menginginkan powerpoint presentation mengenai manajemen karir dan manajemen SDM, silakan datang ke SINI.)

Menyediakan Employee Assessment dan Career Planning Workshops. Perusahaan–perusahaan seperti Apple Computer dan Sun Microsystems memiliki on-site workshop agar karyawan belajar mengambil tanggung jawab dalam karir mereka dimulai dengan menilai kemampuan, minat, dan nilai mereka. Kemudian mereka melibatkannya dalam proses perencanaan dimana mereka dapat mengeksplorasi kebutuhan organisasi dan kemudian menentukan pilihan masa depan karir.

Mengadakan Career Coaching Workshops untuk Para Manajer. Sementara para karyawan mempelajari bagaimana mengambil tanggung jawab dalam karir mereka, maka para manajer mempelajari bagaimana mendukung usaha para karyawam dalam perencanaan karir, melakukan teknik bimbingan karir, mempersiapkan berbagai tipe diskusi karir yang dimulai oleh karyawan, dan memberikan feedback dengan jujur.

Mendirikan Employee Career Centers. Perusahaan seperti Advanced Micro Devices, IBM, dan Motorola, telah memiliki internal career centers dimana karyawan bisa datang untuk menilai dirinya sendiri. Layanannya meliputi program komputerisasi yang menyertakan feedback 360 derajat, penilaian kompetensi, konsultasi rahasia, pelatihan manajemen dan resilience karir, seminar lunch-and-learn, dan informasi, yang terkadang dilakukan melalui sistem intranet, yaitu mengenai peluang-peluang internal.

Memberikan Open Business Briefings. Untuk menemukan separuh jalan karyawan dalam merencanakan karir mereka di dalam organisasi, perusahaan-perusahaan seperti Sun Microsystems, 3Com, Advanced Micro Devices, Intel, dan Microsoft secara terbuka mendiskusikan keputusan dan perencanaan strategis yang dapat berdampak pada tugas-tugas atau kemampuan yang akan diperlukan di masa yang akan datang. Di 3Com, kebanyakan departemennya memiliki sesi diskusi mingguan mengenai status perusahaan dan apa artinya bagi karyawan.

IBM memiliki website nasional untuk karyawan yang menyediakan informasi mengenai arah strategis perusahaan. Manajer juga diharapkan memberikan informasi strategis bagi orang-orangnya. Manajemen Sun telah berjanji kepada pegawai-pegawainya untuk membuat karyawan menyadari keputusan strategis yang akan berpengaruh terhadap kepegawaian, seperti rencana untuk menyewa tenaga luar dalam melaksanakan beberapa fungsi. Sun mengatakan “Begitu kami telah memutuskan sesuatu, anda akan mengetahuinya”. Kemudian mereka pun melaksanakan janjinya.

Saling berbagi informasi seperti itu akan tidak disetujui oleh banyak perusahaan. Tetapi perusahaan-perusahaan yang melakukan keterbukaan itu meyakini bahwa mereka dengan sederhana sedang menganggap karyawan mereka sebagai orang dewasa yang pantas dihargai daripada mengabadikan hubungan orang tua-anak yang telah ketinggalan zaman.

Menciptakan Internal Network of Information Providers. Sebagai contoh adalah Raychem, yang telah mendirikan jaringan lebih dari 400 orang di seluruh organisasi yang bersedia meluangkan waktu untuk berbicara dengan karyawan yang ingin mempelajari sifat kualifikasi pekerjaan dan tugas mereka. Dan dinamakan “I.I.I.N.siders” (Insiders Information Interview Network), yaitu nama tempat database terkomputerisasi dan dilatarbelakangi oleh sukarelawan.

Mengurus Internal Job dan Talent Banks. Microsoft telah menciptakan layanan on-line dimana karyawan dapat belajar mengenai posisi yang terbuka dan kemampuan yang diperlukan untuk mereka. Microsoft juga menempatkan sejumlah besar informasi mengenai informasi karir dalam bentuk “electronic campus”, meliputi bagian “sumber daya dan rujukan” dengan daftar bukunya, perkumpulan-perkumpulan profesional, konferensi, kursus-kursus, artikel-artikel, dan informasi lain yang direkomendasikan oleh coworker.

Di Career Partnership Center, Advanced Micro Devices mengurus data bank tentang kemampuan karyawan yang dapat diakses oleh manajer untuk mencari bakat internal. Perusahaan juga mengintegrasikan rencana perkembangan karir semua pegawai ke dalam proses perencanaan tenaga kerja jangka panjangnya.

Mendirikan Individual Learning Accounts. Karena semakin banyak karyawan yang mencari peluang untuk pengembangan kustomisasi dan self-directed, beberapa perusahaan progresif telah menciptakan individual learning accounts. Dalam akun ini, para karyawan diberikan lebih banyak kebebasan untuk memilih mempelajari ketrampilan baru sesuai minat mereka.

Memulai Mentoring Program. Program formal mentoring telah tumbuh dan populer di tahun terakhir. Pada satu studi, program mentoring dirasakan menjadi efektif dalam meningkatkan 77% rasa memiliki karyawan terhadap perusahaan yang menggunakannya. Perusahaan-perusahaan yang berhasil menerapkan program mentoring melaporkan bahwa sangatlah penting untuk melibatkan CEO dan manajer senior secara aktif dalam proses mentoring. Apabila pelaksanaan mentoring mengalir melalui bagian atas organisasi, maka akan menjadi hal yang membanggakan bagi manajer untuk ikut mengambil bagian. Beberapa perusahaan mengharapkan semua manajernya untuk menjadi mentor, dan bahkan ada diantaranya yang menyertakan keberhasilan dalam melakukan mentoring sebagai salah satu kriteria penilaian kinerja.

GRATIS - 7 materi presentasi yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.