Mengukur Efektivitas Pelatihan

Terdapat lima level dalam proses mengukur efektivitas training atau program pelatihan. Lima level itu adalah sbb :

Level 1 – Rekasi. Dalam level ini, dilakukan evaluasi reaksi peserta pelatihan terhadap program yang diberikan. Apakah mereka menyukai program ini? Apakah mereka puas dengan instruktur pelatihannya? Dengan materi programnya? Apakah mereka merasa program ini bermanfaat ?

Level 2 – Learning. Dalam tahapan ini dilakukan analisa terhadap peserta pelatihan untuk menentukan apakah mereka telah mempelajari prinsip, ketrampilan dan pengetahuan yang telah mereka pelajari. Apakah setelah mengikuti training Six Sigma misalnya, pemahaman mereka mengenai tema tersebut menjadi makin baik?

Level 3 – Aplikasi Perilaku. Dalam aspek ini dievaluasi apakah perilaku peserta pelatihan berubah karena program pelatihan. Sebagai contoh, apakah karyawan di departemen pengaduan toko lebih sopan daripada sebelumnya dalam menerima ketidakpuasan pelanggan ? Apakah setelah adanya training ESQ, para karyawan membangun perilaku kerja yang lebih produktif dan bermoral?

Level 4 – Business Impact. Dalam tahapan ini dilakukan analisa : apakah dampak pelatihan terhadap kinerja bisnis? Apakah setelah training customer service, terjadi penurunan jumlah keluhan pelanggan? Apakah setelah training selling skills, jumlah penjualan meningkat? Apakah jumlah cacat mutu menurun setelah adanya training Quality Management, dan sebagainya.

Level 5 – ROI of training. Dalam level ini, return on investment dari kegiatan training diukur. Dampak training terhadap kinerja perusahaan dirupiahkan. Misal : dampak peningkatan penjualan akibat adanya program training selling skills. Besarnya peningkatan penjualan diukur dalam satuan moneter (rupiah). Dan kemudian dihitung pula semua biaya yang dibutuhkan untuk melakukan training selling skills itu (baik biaya pembuatan modul, biaya sewa tempat, biaya material lainnya, biaya makan/akomodasi, dan juga biaya pegawai training, dll). Biaya-biaya ini kemudian dibandingkan dengan keuntungan moneter yang dihasilkan oleh training (misal dalam kasus ini adalah adanya peningkatan penjualan produk). Dari perbandingan biaya dan keuntungan ini, kita bisa bisa mengukur ROI dari sebuah kegiatan training.

Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi tentang Mengukur ROI of Training, silakan klik DISINI.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!