Membangun Leadership Skills

Menjadi inspiring leader jelas merupakan salah satu langkah yang amat kritikal bagi pengembangan kinerja tim/organisasi. Setiap anggota tim akan lebih mudah merasa termotivasi dan tertantang, jika mereka menemui sosok pemimpinnya sebagai figur yang inspiratif. Perusahaan kita mungkin bisa membayar setiap pegawainya untuk menggunakan pikiran dan badannya dalam pekerjaan. Namun mereka hanya akan menggunakan segenap hati dan jiwanya jika mereka sudah merasa terinspirasi. Orang yang sudah terinspirasi akan lebih betah bekerja, lebih keras berusaha, dan mengibarkan spirit antusiasme.

Berdasar kajian dari Bryn Hughes dalam karyanya yang bertajuk The Leader’s Tool Kit: Hundreds of Tips and Techniques for Developing the Skills You Need, beberapa hal yang perlu dilakukan ketika kita hendak menjadi seorang Inspiring Leader adalah sbb:

• Buatlah hidup Anda dan tujuan hidup Anda jelas dan bersemangat. Pemimpin yang paling berinsipirasi adalah pemimpin yang dapat memberikan inspirasi terhadap dirinya sendiri dan bersemangat dalam hidup atau misinya. Tahukah Anda siapakah diri Anda sebenarnya? Jika tidak, perhatikan apakah yang menjadi fokus utama dalam hidup Anda, misi atau “panggilan”? Dapatkah Anda mengungkapkan misi ini dalam beberapa kata yang sederhana? Apakah anda merasa terinspirasi saat mengekspresikannya kepada orang lain?

• Berbagilah dengan cerita dari pengalaman anda sendiri. Leaders acap menginspirasi anggotanya dengan cara membagi cerita mengenai kesalahan, kegagalan dan juga pelajaran hidup yang pernah mereka alami.

• Fokus pada impian dan tujuan orang lain. Anda harus mengenal pegawai dan orang-orang yang selalu berinteraksi dengan anda. Cari tahu apa yang ingin mereka capai. Tanyakan apa yang dapat anda lakukan untuk membantunya. Pergunakan pengaruh anda untuk memberikan kehidupan yang lebih baik, bukan hanya bagi diri anda sendiri. Pergunakan pikiran untuk memberikan layanan yang baik bagi semua anggota tim Anda. Lakukan ini jangan hanya karena ingin memotivasi orang lain untuk bekerja lebih betah, lebih keras, atau lebih cepat , tetapi karena anda sungguh-sungguh memberikan perhatian kepada mereka

• Ciptakan dan komunikasikan visi dari tujuan yang ingin dicapai tim anda dengan jelas dan positif . Orang tidak akan suka dengan situasi dimana mereka tidak memahami apa tujuan mereka bekerja ke depannya atau saat mereka tidak merasa usahanya memiliki arti yang penting. Kemudian temukan bakat dan kemampuan yang unik dari karyawan anda dan pastikan bahwa mereka memahami bagaimana mereka dapat berkontribusi terhadap pencapaian sasaran tim. Dorong dan bantulah setiap anggota tim untuk mampu mendayagunakan kemampuan terbaiknya

• Jagalah agar visi dan sasaran tim tetap menjadi yang terdepan dan terutama. Ketika terlihat ada sesuatu yang keluar dari jalur dan orang-orang kehilangan fokus, ingatkan team tentang apa yang sedang mereka kejar dan ingin diraih.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Jika Anda menginginkan slide powerpoint presentasi mengenai Leadership Skills, silakan datang KESINI.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!