Empat Fase dalam Mengelola Brand Management

Brand Asset Management adalah proses yang telah terbukti untuk mengelola brand sebagai aset untuk memaksimalkan nilai mereka. Menurut Scott M. Davis dalam bukunya, Brand Asset Management: Driving Profitable Growth Through Your Brands, prosesnya meliputi empat fase utama. (Jika Anda menginginkan powerpoint presentation mengenai brand management, silakan datang ke SINI.)

Fase Satu : Mengembangkan Brand Vision
Pertama, definisikan sasaran dan tujuan strategis dan finansial yang dapat membantu pencapaian brand anda:
a) Bagaimana sebaiknya Brand Vision anda dihubungkan dengan corporate vision ? Jika tidak terhubung, dapatkan Brand Asset Manajemen membentuk hubungan tersebut ?
b) Apakah senior management setuju terhadap sasaran dan tujuan brand ? Akankan brand dilihat sebagai aset atau secara sederhana sebagai alat marketing ?

Fase Dua: Menentukan Gambaran Brand Anda
Maksud dari fase ini adalah untuk memahami persepsi dan persektif konsumen mengenai brand anda yang relatif dengan tumbuhnya persaingan dan peluang. Fase ini mengajukan pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut :
a) Di antara konsumen sekarang dan konsumen sasaran, apa brand yang benar-benar berarti saat ini ? Apa kekuatan dan kelemahannya ? Bagaimana brand kita dibandingkan dengan brand pesaing kita ?
b) Seberapa konsistenkah brand image kita di berbagai segmen konsumen ?
c) Image apa yang ingin dimiliki brand kita di masa yang akan datang ? Kontrak apa yang diinginkan ? Bagaimana kami akan menjembatani celah antara hari ini dan besok ?
d) Apa yang tidak memenuhi kebutuhan konsumen dan apa yang harus diisi oleh brand kita dari waktu ke waktu ?

Fase Tiga : Mengembangkan Brand Asset Management Strategy
Maksud dari fase ini adalah untuk menentukan strategi berbasis brand yang benar untuk mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan dalam Brand Vision dan dalam persepsi dan persfektif berbasis pasar dari Brand Picture. Fase ini mengarah pada pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut:

1) Strategi berbasis brand apa yang harus kita gunakan untuk memenuhi pertumbuhan sasaran yang ditetapkan dalam Brand Vision kita ?
2) Di mana posisi yang sebenarnya dari brand kita ?
3) Apa peluang produk baru yang ada untuk brand kita ?
4) Strategi channel apa yang akan mendukung sasaran dan tujuan kita untuk brand ? Cara berbaik apa yang dapat digunakan untuk mempengaruhi channel dengan brand kita ?
5) Dapatkah kita menghargai brand kita dengan harga premium berdasarkan pada kekuatannya bila dibandingkan dengan pesaing kita ? Berapa besar harga premiumnya? Bagaimana lagi kita dapat menggunakan brand kita untuk meningkatkan keuntungan ?
6) Taktik komunikasi apa yang dapat memperkuat brand kita dan memaksimalkan nilai asetnya ? Dimanakah kekuatannya dalam proses penjualan ?

Fase Empat : Mendukung Brand Asset Management Culture
Maksud dari dua langkah dalam fase ini adalah untuk menentukan bagaimana agar organisasi anda dapat mendukung keberadaan brand sebagai aset dan memastikan strategi yang anda rekomendasikan untuk dilaksanakan dan diukur. Fase ini mengarah pada pertanyaan-pertanyaan berikut :

1) Bagaimana sebaiknya kita membentuk organisasi kita untuk memaksimalkan keberhasilan brand ? Bagaimana kita meninjau dan menghargai yang terlibat dalam mengelola brand sebagai aset ?

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

2) Metrik apa yang sebaiknya kita gunakan untuk mengevaluasi kinerja brand kita ?

3) Bantuan apa yang diberikan metrik tersebut kepada kita dalam membuat keputusan ?

4) Bagaimana kita melatih dan mendidik karyawan mengenai strategi Brand Asset Management secara lebih efektif ?

Note : Good article about marketing strategy and marketing management can be found at www.studymarketing.org

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Pengembangan Diri. Download Gratis Sekarang.

Free Slides dan Ebook

Dapatkan 7 Presentasi Wow + 5 Buku Dahsyat tentang Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!